Recent in Sports

Sunday, April 9, 2017

Cara Membuat Video Youtube Mendapatkan Banyak Penonton


Banyak orang yang kebingungan dan menjadi stress karena video mereka tidak muncul di youtube search


Jika kalian selalu mengupload video ke youtube, pasti kalian pernah bertanya-tanya kenapa tidak ada yang menonton video kalian bukan? Tenang saja, untuk kalian yang memiliki masalah dengan video youtube kalian saya disini akan memberitahu kalian cara untuk membuat video youtube kalian bisa berada di search youtube dan memiliki banyak sekali penonton. Saya mendapatkan banyak sekali referensi tentang ini, saya juga berpengalaman soal video di youtube di akun gmail saya yang lain, jadi cara-cara yang akan saya sebutkan ini dijamin akan membuat video youtube kalian memiliki banyak penonton.

Untuk kalian yang ingin mencari uang dari youtube, pasti kalian harus mengetahui cara kerja youtube. Seperti algoritma yang berada di youtube, bagaimana video kalian mendapatkan banyak penonton, dan juga bagaimana untuk membuat video kalian bisa muncul di youtube. Semakin banyak penonton dalam youtube kalian, maka akan semakin besar juga penghasilan yang akan kalian dapatkan.

Jika kalian ingin tahu, pendapatan di youtube cukup besar. Jika kalian mendapatkan 1000 penonton di channel kalian, maka kalian akan mendapatkan $1. Mungkin itu memang terlihat kecil, tetapi kita masukan contoh seorang youtuber profesional seperti pewdiepie. Pewdiepie selalu mengupload videonya satu hari sekali, dan setiap videonya rata-rata mendapatkan 4 juta penonton. Jadi, jika kalian menghitungnya, pewdiepie mendapatkan $4000 dollar hanya dalam satu hari saja. Kalau begitu, langsung saja ini dia cara membuat video youtube kalian mendapatkan banyak view.

baca juga : 15 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

1. Buatlah sebuah konten yang sedang trend


Algoritma di youtube tidak sama dengan algoritma blogger. Youtube akan menampilkan video yang sedang trending sekarang. Jadi, jika kalian adalah orang pertama yang mengupload video yang sedang trending, maka video kalian kemungkinan besar akan berada di peringkat pertama youtube search. Kebanyakan orang tidak mengerti tentang hal ini dan hanya sekedar membuat sebuah video saja, tetapi sebenarnya ini adalah hal yang sangat penting.

Jika kalian ingin mengecek apa yang sedang trending, maka kalian bisa mencarinya di situs google trends dan lihat apa yang sedang trend sekarang. Misalkan sekarang sedang trend membuat makanan yang unik, maka kalian bisa ikut-ikutan membuat sebuah video tentang tutorial membuat sebuah makanan di youtube. Itu pasti membuat video kalian setidaknya akan berada di peringkat dua puluh besar di pencarian youtube, atau hanya sekedar muncul saja.

Hal ini sudah terbukti, saya pernah mencari sebuah gameplay dari game yang baru rilis, tetapi yang berada di peringkat pertama adalah gameplay demonya saja. Kenapa harus gameplay demo yang berada di peringkat pertama? Itu karena dia telah mengupload sebuah video yang belum orang lain upload. Dia adalah orang yang pertama yang mengupload video tersebut.

2. Selalu mengupload video setiap hari



Cara yang kedua ini adalah kalian harus mengupload video kalian setidaknya satu kali dalam sehari. Itu akan membuat video kalian berada di peringkat pertama secara perlahan tetapi pasti. Apakah kalian tahu seorang subscribers paling banyak sebelum pewdiepie? Yap! Itu adalah smosh. Apakah kalian tahu smosh? Kalian tidak tahu tentang hal itu? Jangan bercanda kepadaku, mana mungkin ada orang yang tidak mengenal dengan smosh.

Baiklah, kita serius lagi. Kenapa smosh bisa kalah dari pewdiepie? Itu karena smosh hanya mengupload video mereka satu kali dalam seminggu, sedangkan pewdiepie hampir mengupload videonya setiap hari, bahkan terkadang dia mengupload dua video dalam satu hari. Algoritma youtube berjalan dengan unik. Selain mereka melihat apa yang sedang trend, mereka juga melihat seberapa banyak penonton di dalam channel mereka. Youtube menganggap semakin banyak penonton dan subscribers di channel, maka semakin berkualitas juga konten yang mereka buat.

Jadi, jika kalian terus bersabar dan juga mengupload video lagi dan lagi, maka secara perlahan kalian akan mendapatkan banyak sekali penonton. Itu akan membuat channel kalian semakin dikenal oleh youtube, dan lama-lama youtube akan menyukai channel kalian. Youtube tidak pernah melihat isi dari video yang kalian upload, yang melihat kualitas video hanyalah penonton kalian. Jadi meskipun kalian hanya mengupload sebuah tutorial menggambar di paint, tutorial microsoft office, ataupun tutorial yang lainnya youtube tidak peduli dengan hal itu. Youtube akan mempromosikan video kalian dan sedikit demi sedikit penonton dan juga subscribers akan berdatangan.

3. Lakukanlah pencarian untuk tags video kalian



Sebuah tags sangatlah penting dalam youtube. Banyak sekali teman saya yang mengupload video ke youtube, tetapi mereka selalu melakukan kesalahan yang besar terutama di bagian tags. Mereka sering membuat sebuah video youtube gaming, tetapi tag yang mereka masukan hanyalah judul dari game tersebut, seseorang yang membuat sebuah video tersebut, dan beberapa hal lain yang tidak penting.

Sebenarnya tags bisa disebut dengan keywords atau kata kunci. Misalkan kalian membuat sebuah video gameplay dari sebuah game yang bernama 'A', maka kalian harus memasukkan banyak tags seperti 'A', 'A gameplay', 'A walkthrough', 'A playthrough', 'Let's play A', dan juga yang lain-lain. Itu sangatlah penting untuk video kalian.

Sebelum kalian memasukan tags, kalian cari terlebih dahulu apa yang orang cari. Kalian bisa mengetikkan apa yang akan kalian buat di youtube search, lalu lihat apa yang orang cari. Misalkan kalian akan membuat sebuah video tentang gameplay outlast, maka kalian harus mengetikkan outlast di youtube search. Pasti akan muncul pencarian yang lain di youtube search, seperti outlast gameplay, outlast trailer, outlast funny moments, dan juga yang lainnya. Tidak peduli meskipun video kalian bukanlah trailer, tetapi masukkan hal itu ke dalam tags. Jadi, jika orang-orang mencari sebuah trailer dan ternyata mereka tiba-tiba berubah pikiran ingin melihat sebuah gameplay maka video kalian akan muncul tepat di bawah video trailer tersebut.

Selain hal itu, ada cara untuk membuat video kalian muncul di google search. Cara yang satu ini cukup mudah, kalian cukup memasukkan 'google (optimization' dan juga 'google' di tags kalian. Itu akan membantu video kalian muncul di google, meskipun video kalian tidak populer di pencarian youtube, setidaknya video kalian adalah yang pertama di google search.

4. Buatlah video yang berkualitas



Kalian pasti mengenal ketiga orang yang berada di gambar atas bukan? Yap! Mereka adalah ketiga youtuber yang sangat terkenal sekali, mereka adalah pewdiepie, markiplier, dan juga jacksepticeye. Kenapa video mereka selalu memiliki banyak penonton? Itu karena video mereka adalah sebuah video yang sangat berkualitas, meskipun video mereka kalah di youtube search tetapi orang-orang selalu mencari video mereka seperti mencari 'dread out pewdiepie'. Itu sudah pasti yang pertama di youtube search adalah video pewdiepie, meskipun seharusnya jika kalian mencari 'dread out gameplay' bukan video pewdiepie yang akan muncul.

Buatlah penonton nyaman dengan video kalian, buatlah penonton menikmati setiap video yang kalian buat. Jujur saja, saya sangat menyukai smosh, mereka selalu mengupload video yang sangat bagus dan berkualitas. Seorang youtuber profesional tidak memerlukan youtube search lagi untuk mendapatkan penonton, mereka hanya tinggal mengupload sebuah video saja dan para subscribers mereka pasti akan mengunjungi channel mereka atau melihat notifikasi youtube kalau mereka telah mengupload video baru mereka. Pasti mereka akan menontonnya, meskipun itu video yang tidak jelas sekalipun.

Membuat sebuah video yang berkualitas tidak memerlukan sebuah modal yang sangat besar, orang-orang tidak peduli dengan kualitas video kalian, orang-orang tidak peduli jika kalian bermain game dan ternyata game yang kalian mainkan kalian setting ke low graphic, yang terpenting adalah membuat sebuah penonton menikmati video kalian. Banyak youtuber Indonesia yang bermain GTA V, dan kebanyakan dari mereka men-setting graphic menjadi low. Tetapi, orang-orang tetap menikmati video yang mereka buat, yang terpenting adalah bagaimana karisma kalian dan bagaimana kalian menghibur para penonton.

Biasanya video yang berkualitas memiliki penonton yang sangat banyak. Lihatlah ketika kalian pertama kali membuat sebuah video, penonton kalian hanya akan mencapai setidaknya 10 orang saja. Tetapi, jika kalian membuat sebuah video yang berkualitas, dan tidak melupakan peraturan yang lain, maka dalam satu minggu penonton kalian harus lebih dari 50 orang. Jika setiap video kalian memiliki penonton lebih dari 50 orang, itu sudah cukup untuk para pemula. Kalian tinggal terus mengupload video kalian dan menunggu youtube mempromosikan channel kalian, kalian tidak perlu khawatir. Tetapi, beda ceritanya jika kalian hanya asal mengupload video dan video kalian bahkan tidak mencapat 50 orang penonton, maka youtube tidak akan tertarik dengan channel kalian.

5. Buatlah judul dan thumbnail yang menarik



Cara yang kelima ini adalah kalian harus membuat sebuah judul dan thumbnail yang sangat menarik. Kebanyakan orang akan langsung tertarik ketika mereka melihat judul dan thumbnail yang menggoda, seperti orang-orang Indonesia yang membuat judul video seperti 'Kalian tidak akan percaya dengan hal ini'. Judul seperti itu akan membuat para penonton penasaran, mereka menjadi ingin mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di dalam video tersebut.

Tetapi, saya tidak merekomendasikan judul dan thumbnail yang melebih-lebihkan, misalkan kalian memasang thumbnail dan judul tentang video 17+, tetapi para penonton tidak melihat hal apapun disana, maka video kalian akan dibanjiri oleh dislike. Itu akan membuat channel kalian hancur, orang-orang tidak akan melihat video kalian lagi.

Tetap saja, thumbnail sangatlah penting dalam youtube. Jika kalian hanya memasang thumbnail secara random dan tidak menyetingnya sama sekali, tidak akan ada seorang pun yang tertarik dengan video kalian. Kalian tidak akan mendapatkan banyak penonton.

Untuk kalian yang ingin membuat sebuah thumbnail, kalian bisa membuat thumbnail dengan GIMP, karena itu sangat mudah digunakan dan juga gratis. Kalian juga bisa menggunakan Adobe Photoshop untuk kalian yang sanggup membayar. Saya tidak menyarankan kalian menggunakan software bajakan karena itu ilegal dan jika kalian mengupload video kalian ke youtube menggunakan software bajakan, youtube akan mengetahui hal itu dan kalian akan memiliki masalah yang sangat besar. Proteksi youtube sangatlah ketat, kalian tidak boleh menggunakan software bajakan apapun, mau itu untuk mengedit video, merekam video, atau bahkan membuat sebuah thumbnail.

6. Gunakanlah sosial media sebagai perantara



Cara yang keenam adalah kalian harus menggunakan sosial media sebagai perantara kalian. Kebanyakan youtuber pemula menjadi seorang youtuber profesional karena mereka terus membagikan video-video mereka ke sosial media. Bagikanlah ke teman kalian di facebook, twitter, google+, reddit, dan juga situs yang lainnya.

Jika kalian hanya memiliki sedikit teman di facebook dan tidak ada orang yang peduli dengan video kalian, kalian harus menambahkan teman kalian lagi. Apa salahnya kalian menambahkan teman secara random, meskipun mereka tidak mengenal kalian, tetapi jika mereka bisa membuat video kalian memiliki banyak penonton, kenapa kalian tidak mau menggunakan cara itu?

Selain facebook, hanya sedikit orang yang peduli dengan google+ kalian bisa menggunakan twitter juga. Apa? Follower kalian sedikit? Bahkan hanya puluhan orang saja? Bukankah sekarang kalian bisa mendapatkan follower dengan suatu trik? Benar, sekarang banyak orang yang menggunakan trik-trik curang untuk mendapatkan follower di twitter, jadi kalian juga boleh menggunakan cara itu. Tidak peduli meskipun orang-orang yang kalian tidak kenal yang mem-follow kalian, tetapi itu juga bisa membuat setidaknya sepuluh atau dua puluh orang peduli dengan apa yang kalian posting tentang video kalian.

Lalu, situs yang paling saya rekomendasikan adalah reddit. Yap! Kalian bisa menggunakan situs reddit untuk membagikan video kalian. Reddit adalah sebuah situs untuk saling berbagi hal-hal yang menarik, jadi kalian juga bisa membagikan video kalian secara publik. Yap, secara publik. Kalian tidak perlu meningkatkan follower kalian ataupun menambahkan teman yang sebenarnya kalian tidak kenal, reddit sudah dibuat untuk saling berbagi ke seluruh orang yang berada di reddit.

7. Gunakan sebuah jasa viewers dan subscribers



Cara yang ketujuh ini belum pernah saya lakukan, tetapi mungkin kalian bisa mencobanya. Menggunakan jasa viewers dan subscribers youtube adalah cara tercepat untuk mendapatkan sebuah penonton, tetapi menurut saya ini sedikit beresiko. Kalian bisa membeli viewers dan subscribers di sebuah situs, lalu kalian akan mendapatkannya di youtube kalian.

Apa? Kalian mengupload sebuah video ke youtube untuk mendapatkan uang, bukan untuk menghabiskan uang? Tetapi, ini adalah cara yang paling sederhana. Yah, meskipun saya tidak merekomendasikan cara yang satu ini untuk kalian yang penyabar dan ingin mencobanya dari awal, tetapi untuk kalian yang memang memaksa ingin mendapatkan banyak sekali penonton hanya dalam satu hari, kalian bisa menggunakan cara yang satu ini.

Meskipun sedikit beresiko sih, bisa saja website yang kalian kunjungi tidak bisa dipercaya. Ini tergantung orang yang menjual jasa ini. Tetapi, jika kalian memang benar-benar ingin melakukan cara yang satu ini, saya sarankan cari dulu sebuah website yang benar-benar dapat dipercaya.

8. Edit video kalian



Cara yang kedelapan ini adalah kalian diharuskan mengedit video kalian terlebih dahulu. Hal ini bisa membuat sebuah konten video kalian lebih berkualitas juga. Kalian bisa menggunakan banyak software, sekarang banyak sekali software yang dapat kalian gunakan untuk mengedit sebuah video.

Saya tidak menyarankan kalian menggunakan software bajakan, karena jika kalian menguploadnya ke youtube, pasti mereka akan mengetahui hal ini. Proteksi youtube sangatlah ketat, bahkan kalau ada salah satu software bajakan yang kalian gunakan, mau itu game yang akan kalian rekam, software perekam game, maupun software editing, maka kalian akan habis di youtube.

Software yang sangat bagus digunakan adalah adobe premier atau kalian juga bisa menggunakan Sony Vegas Pro untuk video kalian. Jika kalian tidak memiliki uang, kalian bisa menggunakan software gratis seperti Movie Maker. Hah? Kalian ingin membuat sebuah video yang sangat berkualitas? Kalau begitu, kalian bisa menggunakan adobe premier ataupun sony vegas pro secara trial, meskipun akan ada watermark di video kalian siapa yang akan peduli dengan hal itu?

Mungkin itu saja cara membuat sebuah video youtube mendapatkan banyak penonton. Jika itu kurang, kalian bisa melihat sebuah video tutorial di youtube cara membuat sebuah tags, karena yang paling penting di atas adalah sebuah tags. Tags adalah yang membuat video kalian muncul di youtube, untuk yang lainnya hanyalah perantara untuk membuat penonton kalian nyaman saja seperti para subscribers pewdiepie, markiplier, smosh, dan juga jacksepticeye. Jika kalian mengetahui cara yang lain, kalian bisa memberitahu saya di kolom komentar.


Share:

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Facebook

Search This Blog

Blog Archive

Recent

Comment

Popular Posts